Sabtu, 01 April 2017

Acara Radio Yang Menyajikan Lagu Jejepangan


Yosh... jumpa lagi Minna-san di Serba-serbinya Wappanes Blog yang kali ini mau sekedar share acara radio yang khusus memutarkan lagu-lagu jejepangan, bukan hanya lagu jejepangan namun biasanya para penyiar radionya juga membagikan info-info terupdate dari dunia musik jejepangan, sangat cocok dan rekomended nih buat para penyuka lagu-lagu jejepangan yang mungkin lagi ingin nyari referensi lagu jejepangan ato sekedar ingin menambah wawasan lagu jejepangan. Dan berikutlah beberapa stasiun radio yang memiliki acara khusus untuk memutarkan lagu jejepangan.
1)      Jaringan Trax FM

Yang pertama saya tampilkan jaringan Traxx FM, kenapa jaringan? Ya karena stasiun radio ini bukan hanya terdapat pada satu daerah saja, tapi ada di banyak tempat kayak RRI gitu, dan kebetulan saya berada di sekitaran ibu kota jateng jadi ya Trax FM 90.2 FM. Nama acaranya adalah IRO IRO yang mengudara setiap hari minggu mulai jam 2 siang hingga 4 sore, kalau di kota lain mungkin jam dan harinya beda. Selain memutarkan dan menerima rikues lagu jejepangan juga ada info-info showbiz seputaran jejepangan dan terkadang ada bintang tamu dari berbagai komunitas yang berbau jejepangan. Dan radio ini pun bisa didengarkan secara streaming juga loh di mari http://www.traxonsky.com/neostreaming/semarang.html.
2)      Pro Alma 97.7 FM

Seperti yang sudah saya jelaskan, karena saya berada di sekitaran ibu kota jateng jadi stasiun yang saya sajikan deket dengan ibu kota jateng. Yap! Yang kedua adalah stasiun Pro Alma FM, ini merupakan stasiun radio milik kampus, dan nama acaranya adalah J3 Three (Jpop Jrock and Janime) yang mengudara setiap hari minggu jam 3 sampai 5 sore. Seperti namanya acara yang satu ini memutar lagu jejepangan entah itu Jpop, Jrock atopun Janime alias soundtracks dari anime, selain memutarkan dan menerima rikues lagu jejepangan juga ada info-info showbiz jejepangan dan terkadang juga ada bintang tamu dari komunitas yang berbau jejepangan. Namun karena ini adalah stasiun radio milik kampus terkadang sinyal, eh mungkin jaringan sering timbul tenggelam (mungkin karena ditinggal penyiarnya kuliah). Dan acara ini juga bisa loh didengerin via streaming dimari http://www.mixcloud.com/J3_ProAlma/
3)      Zakuradio

Yang ketiga saya kasih sakuradio. Kenapa tidak pake FM? Ya karena ini merupakan radio online yang bisa Minna-san dengar setiap saat kapanpun itu meski terdengar seperti sebuah playlist lagu jejepangan. Tapi pada hari dan jam tertentu ada penjaganya kok, alias penyiarnya yang akan menemani Minna-san dengan membawa info-info yang menarik seputar dunia jejepangan dan menampung rikuesan Minna-san via chat box yang tersedia di webnya Sakuradio. Dan Minna-san bisa denger radio online tersebut dimari http://www.zakuradio.com
4)      NHK World Indonesia

Nah yang satu ini agak berbeda dari acara-acara radio-radio yang sudah disebutkan. Siaran radio NHK ini bisa didengarkan di jaringan radio Elshinta, jadi kalo di kota Minna-san ada radio Elshinta pasti bisa mendengarkan siaran NHK Indonesia ini. Mengapa acara radio ini berbeda? Karena acara ini saya menyebutnya lebih newsable dan educable. Mengapa gitu? Karena selain memutar lagu-lagu Jepang acara ini juga menyajikan info terupdate di Jepang sesuai musimnya, karena memang siaran ini langsung dari Jepang. Selain itu ada juga pojok-pojok dimana kita bisa mengirimkan surat dan langsung dibaca oleh para penyiarnya, terus ada pojok belajar bahasa Jepang langsung dengan Senseinya. Dan yang bikin iri kita sebagai pendengar boleh loh meminta buku seri belajar bahasa Jepang yang bakal langsung dikirim kerumah Minna-san (pengen coba minta buku tapi masih sungkan, heheheh…). Acara ini bisa didengarkan 3 kali dalam sehari, yakni jam 18.15 WIB on air langsung dari Jepang, jam 21.05 siaran ulang (saya seringnya dengerin yang jam ini pada hari minggu) dan keesokan harinya jam 04.05. Kalo Minna-san ingin info yang lebih jelas silahkan buka nhk.jp/indonesian


Yah... itulah Minna-san beberapa radio yang menyajikan lagu jejepangan yang lumayan untuk sekedar menambah wawasan lagu jejepangan Minna-san atau kalo lagi bosen dengan playlist yang Minna-san punya. Oke sekian dulu Serba-serbi dari Wappanes Blog kali ini, jangan sungkan untuk mampir lagi yak, Jannai.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar