Header Ads

BEDA PEMBACA BLOG PROFESSIONAL & UNPROFESSIONAL


Yosh.... jumpa again di Serba-serbinya Wappanes Blog yang kali ini mau mengulas sesuatu yang sedikit banyak akan menyinggung sisi ego dari para pembaca blog dan blogger. Sebelum itu mari tinjau lagi dari segi judulnya, professional dan unprofessional, mengapa begitu penting?
Professional adalah tahu, mengerti, paham tentang apa-apa yang dikerjakannya, sedangkan unprofessional merupakan kebalikannya. Terus apa hubungannya dengan judulnya? Tentunya pembaca blog atau bisa dibilang pembaca online akan sangat berbeda dengan pembaca literasi fisik semisal koran ato buku. Apa bedanya? Para pembaca literasi fisik tentu saja terbatas hanya sekedar membaca lantas memahaminya, menikmatinya dan bergulat sendiri dengan argumen penulis tanpa bisa mengolok-olok dan memuji sesukanya. Sedangkan pembaca blog bisa melakukan hal yang bisa dilakukan oleh pembaca literasi fisik dengan bonus bisa langsung berinteraksi langsung oleh penulisnya lewat kolom komentar yang biasanya dan pasti ada di setiap template blog, disanalah para pembaca bisa mengolok-olok dan memuji tulisan sang penulis sesuka hatinya.
Lantas apa kaitannya dengan judul di atas dan akan menyinggung sisi ego dari para pembaca dan bloger? Pertama, karena ini berjudul pembaca blog, tentunya hanya akan menekankan pada pembaca blog dan blogger saja, tinggalkan para pembaca literasi fisik.
Para pembaca blog pada umumnya adalah para pembaca yang bisa dibilang awam tentang dunia per-blog-an tanpa mau tahu apa-apa tentang sisi lain dari sebuah blog, yang penting apa yang ia cari sudah ia dapatkan tanpa mengetahui rambu-rambu yang harusnya dimiliki oleh para pembaca blog. Oleh karena itu sebaiknnya para pembaca blog juga menjadi seorang bloger agar mengetahui rambu-rambu dalam menjadi pembaca blog. Sedangkan para blogger juga terkadang dalam menjalankan blognya asal tempel sana tempel sini tanpa memperhatikan rambu-rambu sebagai pembaca blog yang baik dengan menyantumkan sumber atau sebagainya. Dari dua hal tersebut memang sedikit banyak akan menyinggung sisi ego, termasuk saya sendiri terkadang juga melakukan hal-hal seperti diatas dengan berbagai alasan yang asal.
Dan terus dimana letak perbedaan besarnya antara pembaca blog professional dan unprofessional? Sudah tentu para pembaca blog professional akan memperhatikan rambu-rambu dalam membaca blog, yakni pertama meninggalkan jejak berupa komentar, entah komentar baik ato buruk karena hal itu secara tidak langsung akan memberi kesan kepada sang blogger ato penulis. Dan terakhir, mengklik iklan yang ada di blog, meskipun itu sekedar klik namun hal itu merupakan hal sering kali dilupakan oleh para pembaca blog yang entah kenapa rasanya sangat amat sulit untuk dilakukan meskipun hanya satu klik. Sedangkan para pembaca blog unprofessional bisa diringkas adalah kebalikannya. Dari kedua hal tersebut memang tak memberi keuntungan secara langsung bagi para pembaca blog sih, namun yang pasti para pembaca blog yang budiman bisa menerapkan kedua rambu tersebut jika bertemu dengan blog dengan bacaan ato konten yang benar-benar telah membantu minna-san, itung-itung sebagai apresiasi ato hadiah bagi para blogger yang telah menulis di blognya.
Dan oke, mungkin segitu dulu Serba-serbi kali ini dari Wappanes Blog minna-san. Tak perlu ragu untuk mampir dimari lagi jika sedang OL meskipun hanya sekedar say hellow. Jannai....


No comments