Header Ads

Nostalgia Mainan Dengan Animenya Yang Sempat Populer


Yosh jumpa lagi Minna-san di Serba-sebinya Wappanes Blog yang kali ini mau sekedar share mainan yang terinspirasi dari sebuah anime atau sebaliknya, ya memang terkadang di sana (negara Jepang) untuk mempromosikan sebuah mainan akan dibarengi dengan sebuah anime yang sangat fantasif, atau mungkin fantastif? Hoho... hingga rasanya anime tersebut terlalu berlebihan, tentunya mainan di sini yang benar-benar mainan ya, bukan yang action figure dan yang pasti sempat booming di Indonesia mungkin sekitar awal tahun 2000an. Ayo ah bernostalgia.
1)      Tamiya

Ya meskipun tamiya bukanlah sebutan untuk mainan yang satu ini, karena nama Tamiya sebenarnya adalah perusahaan yang memproduksi mainan ini (mungkin karena kebiasaan orang-orang kita yang cenderung menyebut pembuatnya dari pada merek pada sebuah produk. Lihat aja orang-orang tua dulu kalo nyebut motor pasti yang disebut Honda buka tipe kendaraannya). Apa lagi sejak animenya ditanyangkan di TV Indonesia, mainan yang satu ini sangat buming di awal tahun 2000an, hampir setiap RT rasanya punya track tersendiri yang dibuat entah dari triplek ato adonan semen dan jadi ajang pamer rakitan setiap sorenya. Saya sendiri tak terlalu suka dengan rakitan-rakitan yang ada karena yang pasti tidak memakai body­nya, padahal menurutku yang paling keren mah model bodinya, dan saya paling suka sama Fire Stinger, Gray Stinger dan Big Spider, itu mini 4WD paling keren menurutku. Dan sampai saat ini rasanya masih banyak komunitas-komunitas yang masih menggandrungi mainan yang satu ini.
2)      Crush Gear

Setelah Tamiya ini adalah mainan yang paling saya suka untuk dilihat-lihat, bukan untuk dimainankan apa lagi diadu, hoho... mainan ini juga sempat buming setelah animenya juga di tayangkan di TV Indonesia. Mainan ini memang pantasnya jadi sebuah pajangan aja sih menurutku, karena dulu waktu punya saat dibuat adu juga gak terlalu seru seperti di animenya, malah ngehabisin baterai karena terlalu lama diadu tapi gak tau bagaimana cara ngekalahin lawan, aturan tak tertulisnya gak jelas lawan bisa dianggap kalah itu kalau bagaimana? Hoho.... tapi saya paling suka model Grifeed ama Dhino Phalanx, keren!
3)      Beyblade

Mungkin masih di tahun yang sama saat salah satu TV di Indonesia menayangkan anime full setengah hari. Mainan yang satu ini pasti serunya, apalagi saat animenya di tayangin di TV dan mulai populer deh mainan ini. Dulu hampir setiap pulang sekolah selalu pergi main dengan mengantongi gasing yang satu ini, dengan menggunakan sebuah wajan bekas yang ditanam di tanah dan disemen, putaran gasing ini memang seru untuk diadu. Apalagi saat akan menarik gasing maka kompak berteriak go shoot! Dan karena arena dari panci sudah pasti suaranya kayak kaleng rombeng yang gelodakan! Apa lagi kalo lempengan besinya bisa sampe mengeluarkan percikan api saat gasing diadu, wah tambah seru! Apa Minna-san juga begitu? gak seru kalo belum punya gasing yang satu ini saat ngumpul bareng.
4)      B-Daman

Yang satu ini juga gak kalah pupoler, apa lagi saat animenya ada di TV Indonesia, ya meskipun animenya saya sendiri sih tak terlalu suka karena rada lebay, tapi pelontar gundu yang satu ini cukup populerlah di kalangan anak-anak saat itu, apa lagi gundu memang sudah lekat dengan anak-anak saat itu.
5)      YU-GI-OH

Anime yang satu ini juga sempat populer saat di tayangkan di TV Indonesia. Dan jujur saya suka dengan monster-monster yang muncul dalam permainan anime ini karena memang monsternya keren-keren. Dan mainannya? Sudah pasti bukan mainan monster, tapi sebuah kartu yang persis dengan yang dipakai sama tokoh dalam serial anime ini. Dulu juga sempet ngumpulin pernak-pernik dan mainin kartun yang satu ini.
6)      Bakugan Battle Brawlers

Kalo ini saya paling suka sama monster-monsternya yang ada di animenya, kalau mainannya sih rasanya kurang karena memang tampilannya yang aneh tapi sempat juga ngumpulin beberapa dan saling tukar sama temen. mungkin akan lebih keren jika monster-monsternya dibuat action figure kali ya.
7)      YOYO

Meskipun ini mainan yang sebenarnya sudah lama ada tapi dengan adanya anime yang mengusung permainan yoyo yang ditayangin di TV Indonesia mainan ini seperti naik daun lagi karena tampilannya yang lebih keren jika dibanding dengan yoyo dari kayu yang sudah dulu beredar, apalagi yang ada lampunya kelap-kelip, dimainin saat malam hari tetep berasa keren walo Cuma bisa maininnya naik turun doang, nohoho...

Yah... mungkin itulah beberapa mainan yang sempat buming karena animenya juga sempat ditayangin di TV Indonesia. Diantara mainan-mainan tersebut mainan mana yang paling Minna-san sukai dan hingga saat ini mungkin masih ada dan tersimpan rapi, kalau saya sih sudah pada hilang, tapi kenangannya gak akan pernah hilang sih. Okelah sekian dulu Serba-serbi dari Wappanes Blog, Jannai.....

2 komentar: