Header Ads

Tutorial Paint Tool SAI Coloring Rambut


Yosh... ketemu lagi minna-san di Serba-serbinya Wappanes Blog yang kali ini ngebawa Tutorial Coloring Rambut dengan PTS. Buat yang suka menggambar (seperti saya) anime atau sedang bingung memilih teknik Coloring rambut saat menggambar kali ini Wappanes Blog menghadirkannya. Dan kali ini adalah tipe Coloring Cell Shading bukan Soft Shading. Sudah pada punya Aplikasinya dong ya? Kalo belum silahkan ambil dimari sajah.
Oke langsung saja, saya anggap minna-san sudah pada tahu ya fungsi dan Tools yang ada pada PTS ini, mari kita langsung latian. Yang akan kita lakukan ini khusus bagi  yang Mouse User seperti saya, hoho.... Selain gampang cara yang satu ini cukup efektif untuk menghasilkan gambar yang cukup bagus dan rapih.
Pertama buat dulu New Linework Layer, dengan Curve Tool atau minna-san sudah punya Lineartnya? Ya tinggal ke langkah berikutnya.


Buat New Layer, seleksi area rambut dengan Magic Wand dan langsung beri warna sesuai selera dengan Bucket Tool.


Selanjutnya, buat New Layer lagi dan di-Clipping Group, gunakan Brush Tool untuk membuat gradasi warna, tentunya gunakan warna yang lebih gelap dari warna sebelumnya. Selanjutnya gunakan Blur Tool untuk menghaluskan gradasinya. Setelah selesai Marge Down Layer yang buat gradasi tadi agar menyatu dengan Layer yang pertama.


Oke selanjutnya buat New Linework Layer dan di-Clipping group, gunakan warna yang lebih gelap lagi dan dengan ukuran yang lebih besar. Bentuk sesuai alur rambut gambar minna-san, selanjutnya gunakan Pressure Tool untuk meruncingkan ujung-ujungnya dan Edit Tool untuk merapikannya.


Dan selanjutnya, buat New Linework Layer lagi tepat di bawah Linework yang tadi dan di-Clipping Group, gunakan warna yang lebih terang dan caranya masih sama dengan yang diatas.

Oke langkah terakhir, buat New Linework Layer lagi tepat bawah Linework yang kedua dan di-Clipping Group, gunakan warna yang terang karena ini untuk membuat Highlight rambutnya, dan selesai dah cara mewarnai rambutnya. Gampang dan mudah bahkan untuk Mouse User sekaligus. Atau kalau mau lihat Speed Paintnya bisa lihat Video di bawah ini nih.



Oke sekian dulu Serba-serbi dari Wappanes Blog, tetap latihan dan menggambar dan tingkatkan Skill minna-san ya, siapa tahu minna-san bisa jadi ilustrator yang handal. Oke sampai disini saja, jannai...

No comments