Header Ads

Profil LiSA


Ketemu lagi di review Wappanes Blog. Setelah kemarin membahas PASSPO, kini giliran penyanyi rock solo yang juga merupakan salah satu penyanyi favorit saya, LiSA a.k.a Risa Oribe, bagi penggemar anime pastinya tak asing lagi deh dengan penyanyi yang satu ini. Mari kita simak minna...
Risa Oribe Lahir pada 24 Juni 1987, dan lebih dikenal dengan nama panggung LiSA (singkatan dari Live is Smile Always), merupakan penyanyi dan penulis lagu dari Seki. Awalnya ia merupakan penyanyi indie, dan LiSA membuat debut majornya pada tahun 2010 untuk lagu serial televisi anime Angel Beats! (Pasti dah pada tahu ini anime ya...) Sebagai salah satu dari dua vokalis untuk Girls Dead Monster. Dia tampil di Animelo musim panas pada bulan Agustus 2010, Anime Expo pada tahun 2012, dan biasa di Anime Festival Asia. Pada bulan April 2011, ia membuat debut solo dengan rilisnya mini-album Letter for U. LiSA kerap membawakan lagu untuk Soundtrack dari berbagai anime seperti Fate / Zero, Sword Art Online, Day Break Illusion, dan Nisekoi. Single-singlenya secara teratur berada di sepuluh besar tangga lagu mingguan Oricon yang membuatnya menjadi penyanyi Jepang yang cukup diperhitungkan, sebut saja "Crossing Field" dan "Oath Sign"yang meraih platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Jepang.
Pengalaman musiknya sudah dimulai pada usia tiga tahun, berkat saran ibunya ia mengambil pelajaran piano pribadi. Meskipun ia adalah seorang pemalu namun akhirnya dia menikmati pelajaran musiknya. Saat di sekolah dasar, ia terinspirasi untuk bernyanyi setelah melihat salah satu band di televisi. Dia juga sempat mengambil tari dan pelajaran vokal, yang terus berlanjut hingga ia SMP. Saat Di SMP, ia membentuk band yang selalu mengcover  lagu-lagu Avril Lavigne, Love Psychedelico, dan Ego-Wrappin'.
LiSA memulai karir bernyanyi pada tahun 2005 selama tahun pertamanya di sekolah tinggi ketika ia membentuk indie band rock Chucky, yang sering mengcover lagu dari artis lain. Selama tahun kedua, band ini menerima saran dari rekan-rekan mereka bahwa mereka harus mulai membuat lagu-lagu mereka sendiri; akhirnya reputasi band ini tumbuh cukup, hingga mereka bisa tampil di Osaka dan Nagoya di samping Gifu. Meskipun nilai-nilai pelajarannya di sekolah sangat baik, dia memutuskan untuk tidak melanjutkan  ke universitas meskipun mendapatkan rekomendasi dari guru-gurunya, namun dalam rangka untuk fokus pada karirnya dengan Chucky ia meninggalkan rekomendasi guru-gurunya. Namun demikian, setelah lulus, karena berbagai jadwal antar anggota band, menjadi sulit untuk terus melanjutkannya. Setelah pembubaran band pada bulan Juli 2008, ia pun pindah ke Tokyo untuk melanjutkan karir bernyanyinya.
Setelah pindah ke Tokyo, LiSA membentuk band pengiring Live is Smile Always dengan anggota dari band indie Parkir Out dan mulai menggunakan nama panggung LiSA, yang merupakan singkatan dari Live is Smile Always. Pada tahun 2010, LiSA membuat lagu utama untuk debut bernyanyinya yang digunakan sebagai soundtrack anime seri Angel Beats! Sebagai salah satu dari dua vokalis Band Girls Dead Monster. LiSA adalah vokalis untuk karakter Yui, dan vokalis kedua Marina yang bernyanyi sebagai karakter Masami Iwasawa. Lisa mengeluarkan tiga single dan satu album pada tahun 2010 dengan nama Girls Dead Monster di Key's label. Single pertama "Thousand Enemies" dirilis pada tanggal 12 Mei, single kedua "Little Braver" yang keluar pada 9 Juni, dan yang ketiga "Ichiban no Takaramono (Yui ver akhir.)". Album Keep The Beats! dirilis pada 30 Juni, Lisa membuat penampilan pertamanya di Animelo musim panas 2010.
Pada tanggal 3 Januari 2014, Lisa menggelar konser solo dengan tiket terjual habis di Nippon Budokan. Single kelimanyal "Rising Hope" yang digunakan sebagai tema pembuka untuk seri 2014 anime The Irregular at Magic High School dirilis pada tanggal 7 Mei 2014 yang memuncaki No.4 di chart Oricon. Dia merilis single keenam nya "Bright Flight / L. Miranic" pada tanggal 17 September 2014 yang memuncaki No.8 pada chart Oricon, dan single ketujuhnya "Shirushi" pada tanggal 10 Desember 2014 memuncaki di No.3 chart Oricon, yang digunakan sebagai lagu penutup ketiga untuk seri anime Sword Art Online II, dan juga single "No More Time Machine" yang digunakan sebagai lagu penutup kedua untuk Sword Art Online II. Dia menggelar konser Nippon Budokannya yang kedua pada tanggal 10 dan 11 Januari 2015, tiketnya pun terjual habis. Dia merilis album solo ketiganya Launcher pada 4 Maret 2015 dan single kedelapannya "Rally Go Round" pada tanggal 27 Mei 2015, lagu ini digunakan sebagai lagu pembuka untuk musim kedua dari serial televisi anime Nisekoi. Dia merilis single kesembilan "Empty Mermaid" pada 30 September 2015.
Dan untuk lagu-lagunya saya merekomendasikan Empty Mermaid, Best Way Best Day, Shirushi, Oath Sign, dan Rising Hope. Itu merupakan lagu-lagu LiSA yang menjadi fovorit saya, walaupun semua lagunya memang energik dan ngerock abis, tapi LiSA ini memang menunjukkan bahwa bermain dengan musik rock ini tak harus dengan vokal yang serak, dengan suaranya yang khas itu pun tetap klop kok dengan lagunya. Selain itu stylenya juga unik gitu, perpaduan warna pink dan hitam yang menjadi cirinya membuat seolah musiknya yang cukup keras itu bisa ditampilkan lebih girly namun tetap tomboy, tsundere ya istilah kerennya? Intinya LiSA dalam ber-style ria keren dah...
Oke cukup dulu untuk review kali ini, lain waktu akan datang lagi dengan review dari penyanyi Jepang yang lainnya.


Mata Ashita.....

No comments