Header Ads

KATA-KATA BIJAK DI ANIME FAIRY TAIL (Part 5)


Yosh.... jumpa lagi di Serba-serbinya Wappanes Blog yg kali mau ngebagiin lagi Wises Words dari Anime Fairy Tail untuk yg ke Lima kalinya setelah kemarin-kemarin ada yg Part 1, Part 2, Part 3 dan Part 4. Dan untuk kali saya ambilkan dari tiga Arc sekaligus yakni Battle of Fairy Tail Arc, Oracion Seis Arc dan Daimatou Enbu Arc, dan coba tebak berapa Wises Words yg terkumpul?
Dari ketiga Arc tersebut yakni Battle of Fairy Tail dari episode 41-51, terus Oracoin Seis dari episode 52-69, dan Daimatou Enbu dari episode 151-203 berikutlah yg berhasil Wappanes Blog kumpulkan, sebagai bahan hiburan dan wisata nostalgia aja ya minna-san, kalo ada yg mau menambahkan barang kali ada yg terlewatkan, silahkan sajah.


"Cinta membuat kita lebih kuat, dan cinta juga yang membuat kita lemah...." Master Makarov (41)
Bagaimana kata-kata dari Master Makarov tersebut minna-san? Apakah kata-kata yg rasanya tak asing untuk dialog film itu benar adanya? Atau cinta itu memang sesuatu yg sekompleks itu? Ah sudahlah, yang pasti cinta memang bisa membuat pengidapnya merasakan hal-hal yg sulit untuk ditakar dengan kata-kata yg gamblang, so tetap jaga cinta yang masih ada di hati minna-san aja.


"Seorang laki-laki yang sudah menikah tidak boleh bernafsu seperti itu!" Macao (42)
Sebuah peringatan untuk minna-san yg akan menikah ato sudah menikah. Bagaimana dengan kata-kata Master ke 4 ini? jaga mata, jaga perangai, jaga nafsu, apa bila sedang berada ato sedang melihat sesuatu yg bening-bening yg bakal menggoda diri (meskipun dalam konteks animenya nafsu di sini bukan berarti sesuatu yg negatif, gak percaya? Coba nonton episode ini). Hoho.... namun kata-kata dari Macao ini akan sangat cocok dan pas apa bila diamalkan untuk istri minna-san ya, bukan calon istri (karena belon SAH).


"Cinta membuat Spirit semakin kuat!" Loke (45)
Hampir mirip dengan kata-katanya Master Makarov di atas, namun yg ini bisa dibilang lebih anak muda. Kenapa? Karena kalo kata-katanya Master Makarov di atas bisa diibaratkan lengkap karena antitesisnya, sedangkan kata-kata dari Loke ini bisa diibaratkan sebuah retorika, yg akan mengingatkan kita pada lagu klasiknya bang Haji yg kira-kira begini biasanya para remaja berpikirnya sekali saja tanpa menghiraukan akibatnya.... hohoho.... yang pasti cinta is kindness.


"Mereka dengan idealis yg lebih kuat akan menang!" Hot Eye (62)
Sangat cocok buat minna-san yg lagi rapuh dan mengaduh hingga subuh, dari pada gaduh mending mengunduh ........... (isi sendiri). Mungkin inilah rahasia Oracion Seis hingga anggotanya sering muncul di berbagai Arc Fairy Tail (Kalo gak salah di 4 Arc ya? Oracion Seis Arc, Key of the Starry Key Arc, Tartaros Arc dan Alvares Arc) hingga dengan idealismenya sering nongol di Fairy Tail untuk ukuran Dark Guild ato Independent Guild. Namun yg jelas, orang yg dengan teguh memegang idealisme mereka akan mendapatkan apa yang meraka percayai, meski terkadang terlihat konyol di mata orang lain, asalkan idealisme itu tidak mengganggu dan menyakiti orang lain ya biarkan saja, anggap saja sebagai farietas keberagaman hidup. Namun jika jelas idealisme itu merusak dan menggangu orang lain patut untuk kita waspadai seperti ISIS yg jelas-jelas merusak dan mengganggu kertiban dunia, sangat tidak sesuai dengan amanah UUD 45.


"Jika kau tidak pernah ingin dikalahkan, kau harus mengetahui kelemahanmu lebih dulu. Dan juga... selalu menjadi baik". Erza Scarlet (64)
Mbak Erza-swan memang Saiko! Saiko! Sebuah strategi sekaligus sadar diri, jika tidak ingin merasakan kekalahan (dalam hal lain kekalahan itu bisa kita ganti dengan kekecewaan) maka kita memang harus tahu potensi diri sendiri, mengembangakannya lebih baik di sisi yg merasa paling lemah sembari memperkuat sisi lain kita yang memang sudah kuat agar tidak dikalahkan ato dikecewakan, lantas tetap menjadi pribadi yg low profile agar tidak terpelosok ke lubang yg bernama kesombongan. Sangat cocok buat minna-san yg masih bersekolah, yakinlah tidak ada pelajar yg tidak pandai. Jika minna-san pada pelajaran tertentu merasa buruk tak mengapa, pastinya ada pelajaran lain yg bisa minna-san buat untuk menunjukkan taring minna-san yg sesungguhnya sembari perlahan-lahan memperbaiki rasa buruk pada pelajaran itu, dan yg pasti tetap menjadi pribadi yg kindness & low profile.


"Kemenangan mereka kali ini adalah keterpurukan mereka yg tertunda!" Master Makarov (161)
Pertama denger kata-kata dari Master Makarov ini sedikit membuat geli. Biasanya minna-san pasti tidak asing dengan kata-kata ini Kekalahan kita kali ini adalah kemenangan kita yg tertunda dan kata-kata dari Master Makarov ini seolah membalikkan kata-kata tersebut dan mengandung dua arti laten yg memecut semangat untuk bisa menang sekaligus membalas dendam. Gihii... (tertawa jahat), namun apapun itu balas dendam tidak baik dan tidak akan menyelesaikan suatu persoalan apapun, jadi yg masih memiliki dendam apapun itu lebih baik buang saja dan daur ulang menjadi hal-hal yang lebih baik, aye sir!



"Amarah tidak bagus untuk kecantikan" Minerva (189)
Ya benar juga kata Minerva-chan ini, sudah sejak lama amarah ini dikenal sebagai resep anti muda yg sangat efektif untuk mempercepat efek penuaan dini meski saya sendiri belum baca hasil labnya. Nohoho.... tapi rasanya tak butuh hasil lab juga untuk dapat menilai bahwa atribut emosi yg bernama amarah ini memang tidak bagus untuk kecantikan kulit wajah dan hati. Sudah berapa banyak memar yang membiru karena amarah yg sesaat, sudah berapa banyak cidera yang nyeri karena amarah yg sesaat dan sudah berapa banyak nyawa yg melayang karena amarah yg sesaat, berapa banyak? Berapa banyak? Sebisa mungkin buatlah hati minna-san dingin dalam menghadapi situasi yg dipenuhi aura panas yg bisa mendidihkan hati hingga bisa menggerakan tangan ato kaki minna-san secara tidak sadar, ingat saja ini minna-san, kehebatan seseorang itu bukan diukur dari apa yang bisa ia rusak atau lukai, tapi seberapa kuat ia bisa mengalahkan dan mengendalikan amarahnya.

"Tidak terganggu kerena hal kecil adalah tanda kau sudah dewasa" Erza Scarlet (127)
Yah kata-kata dari Erza ini memang harus selalu disimpan di saku kita Minna-san, khususnya bagi Minna-san yang ngaku sudah dewasa tapi masih saja marah-marah meledak-ledak karena hal sepele atau remeh, jadi orang dewasa memang harus dowo udele ato panjang pusarnya, itu pepatah Jawa, gihi!


"Semua orang pasti membuat kesalahan. Tapi bangkit itu yg palin penting" Ichiya (127)

Kalo Minna-san itu Meeeeeen.... jangan kalah sama kekalahan dan kesalahan, jadikan kedua hal tersebut sebagai bahan pembelajaran untuk lebih baik lagi, dan yang terpenting jangan tenggelam dalam rasa salah atau sesal, seperti kata Ichiya-san, bangkit itu yang terpenting agar tetap bisa terus melangkah menuju masa depan yang jauh lebih baik lagi. Jadi, sudahkan Minna-san Meeeeen...............!!!
Oke sekian dulu lah, ternyata dari Arc Fairy Tail di atas hanya bisa terkumpul beberapa Wises Word tersebut, namun meski sedikit yang terpenting bisa memberikan nilai-nilai kehidupan yang apa bila kita gunakan meski hanya satu akan meningkatkan rasa syukur dan bangga kita sebagai penggemar Fairy Tail karena masih bisa menikmati tontonan Anime yang menghibur namun tetap bernilai positif meskipun harus mengunduh dulu ato streaming untuk menontonnya (kalopun ada nilai negatifnya ya jangan diikuti). Jannai....

No comments